Thursday, April 11, 2013

Analisa 3 Competitive Strategies Terhadap Watsons & Guardian


Watsons adalah bagian dari A.S. Watsons  Group dan merupakan perusahaan ritel kecantikan dan kesehatan terbesar di Asia dengan lebih dari 3200 toko dan lebih dari 900 apotik yang beroperasi di 12 negara Asia dan Eropa termasuk China (Mainland, Hong Kong, Taiwan, Macau), Singapore, Thailand, Malaysia, Philipines, Korea, Indonesia, danTurkey. Untuk mengetahui lebih lanjut dapat mengunjungi http://www.aswatson.com/eng/html/index.html

3 Competitive Strategic

  1. Cost-Leadership Strategic
  2. Focus Strategy
  3. Differetiation Strategy

 Penjelasan 3 Competitive Strategic

1.       Cost-Leadership Strategy

Ketika sebuah perusahaan ingin menjadi perusahaan dengan biaya yang paling rendah, maka itulah Cost-Leadership Strategy.

Dalam hal ini Watsons menggunakan Cost-Leadershi Strategy, Strategy yang digunakan adalah dengan memberikan diskon yang cukup menarik untuk member. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga loyalitas pelanggan.

Pemberian Diskon Pada produk merupakan salah satu strategy Watson dalam hal Cost Leadership Strategic


Guardian sebagai saingan Watson juga menerapkan Strategy ini, hal ini membuat persaingan harga yang sangat ketat. Guardian menggunakan Cost-Leadership Strategy dengan memberikan diskon kepada Costumer, namun dalam hal persaingan harga, Guardian masih cukup mahal. Hal ini di karenakan Guardian juga berfokus pada pelayanan kesehatan seperti program cek gula darah gratis dan berdampak pada harga lebih mahal dibandingkan Watsons yang hanya berfokus pada penjualan Produk dibandingkan penjualan.

2.       Focus Strategy

Adalah Strategy yang berfokus pada konsumen.

Dalam hal ini Watsons, berfokus pada konsumen untuk semua lapisan. Hal ini dapat dilihat dari harganya yang bersaing untuk sebuah  ritel yang cukup besar, dan memiliki banyak supplier.

Dalam hal ini Guardian, juga berfokus pada konsumen namun Guardian lebih membidik lapisan masyarakat kalangan menengah ke atas. Hal ini dapat dilihat dari harga yang sedikit lebih mahal(Berdasarkan penelitian yang sudah).

3.       Differentiation Strategy

Adalah Strategy yang mengandalkan brand sebagai suatu keunggulan. Yang membuat perusahaan tersebut memiliki perbedaan(differentiation) terhadap perusahaan lainya

Guardian dan Watson keduanya memiliki Brand yang sama, yaitu sebagai retail yang menjual dan menyediakan Produk berupa kesehatan dan kecantikan. (AJ & AFM)

No comments:

Post a Comment